Sabtu, 28 Februari 2015

Pestisida Nabati



Para pecinta dunia pertanian sudah tidak asing lagi dengan pesnab atau pestisida nabati bukan… Pestisida nabati diartikan sebagai pestisida yang dieksplorasi dari tumbuhan.  Oleh karena kandungan bioaktifnya, tumbuhan tersebut dapat digunakan untuk pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT).
            Pemanfaatan pestisida nabati akhir-akhir ini kembali memperoleh perhatian untuk dikembangkan.  Hal ini disebabkan oleh keunggulan lain yang dimiliki pestisida nabati dibandingkan dengan pestisida kimiawi,  murah, mudah diproses, residunya relatif pendek, dan mudah terurai di alam.  Namun demikian dalam implementasinya pestisida nabati masih kurang diminati oleh karena tidak stabil di alam dan kadang-kadang bersifat spesifik untuk organisme tertentu.
            Banyak jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan pestisida nabati untuk pengendalian OPT,  namun pemanfaatannya sampai saat ini masih belum maksimal.
  Tumbuhan yang berfungsi sebagai pestisida nabati ini dikelompokkan berdasarkan sifat dan kemampuannya dalam mengendalikan OPT,  beberapa diantaranya dapat berperan ganda, tidak hanya untuk mengendalikan satu jenis sasaran.
     Dalam pemrosesan bahan baku menjadi bahan yang dapat digunakan untuk mengendalikan sebaiknya tidak menggunakan teknologi tinggi supaya lebih kompetitif dari segi ekonomisnya dan lebih baik jika penrosesannya itu dilakukan oleh petani sendiri.  Dalam membuat pestisida nabati biasanya bahan-bahan yang dipersiapkan disesuaikan dengan jenis OPT yang ada,  misalnya pestisida nabati berikut:
1.    Pesnab Pengendali wereng coklat, wereng hijau, walang sangit, walang daun dan ulat.
2.    Pesnab pengendali walang sangit, kumbang, lalat buah dan lembing
3.    Pesnab pengendali ulat pada sayur dan palawija
4.    Pesnab pengendali Ulat dan semut
5.    Pesnab pengendali Keriting pada cabe
6.    Pesnab pengendali ulat grayak, wereng
7.    Pesnab pengendali ulat, belalang
8.    Pesnab pengendali semut di persemaian
9.    Pesnab pengendali hama putih, penggerek batang pada padi.
10. Pesnab pengendali lalat buah
11. Pesnab pengendali penyakit patek pada cabe
12. Pesnab pengendali gulma
Nah… itu sedikit info tentang pestisida nabati, semoga bisa memberi rmanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar