Sabtu, 23 Januari 2016

Arti Angka dan Kode pada Label Pestisida



Beberapa waktu yang lalu saya menulis artikel tentang Beragam Pestisida dan Bahan Aktifnya. Sekedar mengingat, pestisida macamnya ternyata banyak juga. Berdasarkan fungsinya terhadap OPT sasaran, mulai dari akarisida, algisida, avisida, bakterisida, fungisida, insektisida, herbisida, rodentisida, dan masih banyak sida-sida yang lain. Pestisida-pestisida tersebut juga mempunyai bentuk yang bermacam-macam pula, ada yang butiran, tepung, cairan, larutan, pekatan dll. Dan setiap pestisida mempunyai bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Selain itu pestisida harus diberi label dalam bahasa Indonesia.  Hal-hal yang harus tercantum dalam kemasan pestisida antara lain bahan aktif, OPT sasaran, dosis penggunaan  dan tindakan keselamatan.

Di label pestisida pada kemasan, kalau kita perhatikan, di situ selalu terdapat angka dan kode (singkatan huruf) yang mengikuti nama dagang (merk) suatu pestisida. Misalnya Applaud 10WP, Furadan 3G, Decis 2,5 EC, Dagger 200SL, Manuver 400WSC dll.
Mari kita belajar bersama-sama untuk lebih memahami apa arti dari angka dan kode-kode tersebut.

Furadan 3G.  Arti angka 3 tsb adalah banyaknya kandungan bahan aktif carbofuran sebesar 3 %. Dan arti G adalah Granula / butiran, biasanya berwarna ungu.

APPLAUD 10 WP, AVIDOR 25 WP, artinya 10 atau 25 itu adalah banyaknya kandungan bahan aktif. Untuk Applaud10 artinya kandungan bahan aktif Buprofezin 10%.  Untuk Avidor 25, kandungan bahan aktif imdakloprid ada 25%.  Sedangkan arti WP = Wettable Powder ( Tepung yang dapat disuspensikan atau dipastakan dalam air). Contoh lain : Fungsida Antrocol 70 WP, Confidor 5 WP

Manuver 400 WSC . Angka 400  itu adalah banyaknya kandungan bahan aktif dimehipo sebesar 400 g/l. Sedangkan arti WSC (Water Soluble Concentrate ) adalah Pekatan yang dapat larut dalam air
Spontan 400 SL, DAGGER 200 SL artinya 400 atau 200 itu adalah banyaknya kandungan bahan aktif. Untuk spontan bahan aktif dimehipo terdapat 400 g/l.  Dan arti SL (Soluble) adalah berbentuk larutan yang larut dalam air.

Decis 2,5 EC, artinya 2,5 itu adalah banyaknya kandungan bahan aktif Deltamethrin 25 g/l dan arti EC (Emulsifiable Concentrate) atau Berbentuk cairan pekat
Sudah sepatutnya rekan-rekan agritani, khususnya petani dapat memahami arti dari angka dan kode-kode pada label pestisida, karena merekalah yang hampir setiap musim berhubungan dengan opt.
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi kita semua… 

Sumber: ceritanurmanadi.wordpres.com

4 komentar:

  1. terima kasih infonya. Salam petani

    BalasHapus
  2. kalo untuk pencampurannya pak bolehkak misalnya wsc dengan sl

    BalasHapus
  3. Bagus yg angka kecil/besar.Contoh 200 ec dan 250 ec

    BalasHapus
  4. Sangat bagus,nambah pengetahuan.

    BalasHapus