Sabtu, 19 Maret 2016

Mengenal Jenis-Jenis Agensia Hayati Dan Manfaatnya

 
                                                    Beberapa minggu yang lalu saya telah memposting apa sih agensia hayati dan jenis-jenisnya. Nah kali ini saya menulis jenis-jenis tersebut beserta manfaatnya dalam pengendalian hama dan penyakit pada tanaman. Sekedar mengingat kembali Menurut  Peraturan Menteri Pertanian Nomor 411 tahun 1995, definisi agen hayati yaitu setiap organisme yang meliputi spesies, subspesies, varietas, semua jenis serangga, nematoda, protozoa, cendawan (fungi), bakteri, virus, mikoplasma, serta organisme lainnya dalam semua tahap perkembangannya yang dapat dipergunakan untuk keperluan pengendalian hama dan penyakit atau organisme pengganggu, proses produksi, pengolahan hasil pertanian, dan berbagai keperluan lainnya. Atau kalau boleh dengan bahasa yang mudah pengertian agen hayati adalah  Jasad renik yang dalam melangsungkan kehidupannya menghambat, mempengaruhi dan atau membunuh makhluk lain.

Berikut  beberapa jenis agensia hayati dan manfaatnya dalam pengendalian hama penyakit pada tanaman:

1. Jamur Trichoderma sp
dapat mengendalikan penyakit layu atau bercak daun yang biasa meyerang tanaman pangan dan hortikultura. Trichoderma sp bersifat antagonis terhadap beberapa patogen tular tanah seperti Fusarium moniliforme dan Sclerotium rolfsii. Trichoderma sp juga mempunyai kemampuan sebagai dekomposer dalam pembuatan pupuk organik

 2. Bakteri Corynebacterium sp
Bakteri Corynebacterium sp. merupakan salah satu agens hayati bersifat antagonis, yang dapat mengendalikan beberapa jenis OPT diantaranya penyakit kresek pada tanaman padi yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas sp, plasmodiophora brassicae (akar gada) pada kubis, bercak daun pada tanaman jagung, layu bakteri pada tanaman pisang.

3. Bacillus thuringiensis (Bt)
Bacillus thuringiensis (Bt) adalah bakteri gram positif yang berbentuk batang, aerobik dan membentuk spora yang menghasilkan protein yang beracun bagi serangga yang menjadi hama pada tanaman pangan dan hortikultura. Kebanyakan dari protein kristal tersebut lebih ramah lingkungan karena mempunyai target yang spesifik sehingga tidak mematikan serangga bukan sasaran dan mudah terurai sehingga tidak menumpuk dan mencemari lingkungan.

 4. Beauveria bassiana
Beauveria bassiana merupakan cendawan entomopatogen yaitu cendawan yang dapat menimbulkan penyakit pada serangga, lebih dari 175 jenis serangga hama menjadi inang jamur ini, terutama efektif mengendalikan hama walang sangit (Leptocorisa oratorius) dan wereng batang coklat (Nilaparvata lugens) pada tanaman padi serta hama kutu (Aphis sp.) pada tanaman sayuran dan buah.

5. Pseudomonas Fluorescens
Bakteri P. fluorescens dapat memberikan pengaruh menguntungkan terhadap perkembangan dan pertumbuhan tanaman, yaitu sebagai "Plant Growth Promoting Rhizobacteria" (PGPR). Menghasilkan antibiotika yang dapat menghambat pertumbuhan patogen, terutama patogen tular tanah dan mempunyai kemampuam mengoloni akar tanaman, dapat menghambat patogen layu Verticilium dahliae pada tanaman kentang dan terong. Agensia hayati ini efektif untuk mengendalikan penyakit layu fusarium pada tanaman tomat serta mampu menekan intensitas penyakit moler pada tanaman bawang merah.

6. Metarhizium anisopliea
M. anisopliae adalah salah satu cendawan entomopatogen yang termasuk dalam divisi Deuteromycotina: Hyphomycetes. Cendawan ini biasa disebut dengan green muscardine fungus dan tersebar luas di seluruh dunia. Cendawan ini bersifat parasit pada beberapa jenis serangga dan bersifat saprofit di dalam tanah dengan bertahan pada sisa-sisa tanaman. Cendawan M. anisopliae mampu menginfeksi hama yang mempunyai tipe mulut menusuk dan mengisap, yaitu Riptortus linearis baik stadia nimfa maupun imago. Selain itu, M. anisopliae juga mampu menginfeksi hama yang mempunyai tipe mulut menggigit seperti S. litura.

7. Verticillium lecanii
Verticillium lecanii sangat berguna untuk membasmi kutu kebul pada tanaman hortikultura. Kutu kebul adalah hama utama yang membonceng masuknya virus gemini yang menyebabkan tanaman kehilangan klorofil hingga tanaman menjadi kerdil dan hasil panen menurun. Verticillium lecanii dapat juga membasmi wereng pada tanaman padi.

Demikian beberapa agen si hayati dan manfaatnya. Semoga dengan agen hayati tanaman kita dapat terhindar dari hama penyakit sehingga hasil panen meningkat.

17 komentar:

  1. Terimakasih atas kunjungannya Bu Leni Rukmana...
    Tetap kunjungi blog Agritani...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. untuk trips pada tanaman cabe , bisa di kendalikan dengan agen hayati apa?

    BalasHapus
  4. bisa juga menggunakan arang sekam sebagai campuran media tanam.

    media tanam arang sekam memberikan manfaat yg sangat baik bagi tanah dan berefek pada pertumbuhan tanaman yg baik ...

    BalasHapus
  5. sangat membantu artikelnya ..
    follow back mas
    www.produk-nasa.com

    BalasHapus
  6. sangat membantu artikelnya ..
    follow back mas
    www.produk-nasa.com

    BalasHapus
  7. Ok.. Tx sangat.. Bila disertakan dgn sumber tanaman ato sbgnya pd agensia hayati tsb akan tambah sippp..

    BalasHapus
  8. dimanakah saya bisa memperoleh Corynebacterium sp & Verticillium lecanii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya gan... Untuk Corynbacterium, agritani menyediakan dengan nama dagang Antagonis plus. Silakan wa/sms ke 081331570568

      Hapus
  9. Mohon maaf pada para pengunjung blog, dikarenakan ada beberapa perbaikan blog, sehingga admin baru bisa membalas komentar para pengunjung.
    Beberapa agen hayati bisa diperoleh di blog ini, silahkan kunjungi label "PRODUK" dan pesan produk yang anda minat dengan cara klik Cara Pesan di http://agri-tani.blogspot.co.id/search/label/CARA%20PESAN

    BalasHapus
  10. Dimana saya bisa mendapatkan bacillus thuringiensis verietas kurstaki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agritani menyediakan Bacillus turingiensis kemasan 1 lter.
      Pemesanan hubungi di wa 081331570568 atau klik cara pesan di menu utama

      Hapus
  11. artikel bagus...
    bagi anda yang butuh trichoderma sp dapat hubungi kami di 081328886832
    http://www.purotani.com/2017/09/trichoderma-sp-1lt.html

    BalasHapus
  12. Mksh... Sy sdh baca. Thank ilmunya

    BalasHapus