Jumat, 27 November 2015

8 Makanan Sehat dan Bernutrisi Tinggi



Makanan yang sehat dan bergizi tinggi merupakan asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita baik dari usia balita sampai manula. Makanan sehat tersebut bukan harus mahal, dari supermarket atau yang aneh-aneh, faktanya makanan sehat juga ada yang sangat mudah didapat di sekitar kita. Beberapa makanan tersebut adalah jenis biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayuran. Namun yang perlu diperhatikan makanan tersebut harus bersih dan bebas dari residu obat-obatan kimia. Nah...jika pembaca tidak tahu apa saja makanan sehat yang ternyata mudah dijumpai di sekitar kita, berikut adalah jenis makanan tersebut:

1.       Apel
Apel adalah buah yang bisa tumbuh baik di daerah tropis maupun sub tropis. Buah yang satu ini punya rasa manis asam yang khas. Biasanya buah ini berasal dari dataran tinggi dan wilayah sejuk dengan warna buah hijau, hijau agak kuning atau merah. Apel mengandung vitamin C, quecertin dan plavanoid yang bisa mencegah penyakit kanker.

2.       Bayam
Bayam merupakan sayuran yang sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Selain mudah dalam penanamannya pengolahannya menjadi makanan juga sangat mudah. Itulah sebabnya kita sering menjumpai olahan makanan ini di berbagai belahan dunia ini. Bayam mempunyai kandungan gizi yang banyak diantaranya adalah zat besi, magnesium juga vitamin A dan C. Jadi Bayam sangat baik untuk nutrisi rambut dan kulit serta mata.

3.       Kacang Merah
Kacang merah atau biasanya orang Jawa menyebutnya kacang tolo adalah makanan sehat yang juga mudah dijumpai di sekitar kita. Pada dasarnya kacang merah memiliki kandungan serat, protein, zat besi, fosfor, magnesium yang tinggi dan bahkan juga vitamin dan mineral. Kacang merah mudah dalam meraciknya menjadi makanan, bisanya kacang yang satu ini dicampur ke salad atau sup.

4.       Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yang juga cukup familiar dalam kehidupan sehari-hari kita. Sayuran yang seperti rambut keribo berwarna hijau ini merupakan sayur yang kaya kalsium, potasium juga vitamin A dan C. Ada beberapa saran dalam penyajian masakan sayuran agar kandungan gizinya tidak hilang, yakni dengan tidak memasak sayuran terlalu matang. Selain itu hindari memasaknya memakai saus serta keju berlebihan.

5.     Ubi
Ubi adalah salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi dan jagung. Ubi merupakan tanaman yang bisa digolongkan dalan umbi-umbian yang ada di bawah tanah. Ubi sangat kaya dengan vitamin, yakni vitamin A, B, C dan E. Selain itu ubi juga merupakan sumber makanan yang rendah kalori jika diolah dengan cara dipanggang atau dimasak rebus dan kukus. Ubi sangat mengandung gizi yang tinggi namun cukup diabaikan oleh orang-orang.

6.     Kedelai
Kedelai juga merupakan bahan makanan yang sangat sering kita jumpai olahannya. Biasanya kedelai diolah dengan cara dibuat tahu, tempe, bunga tahu, tauco dan juga susu kedelai. Dalam kedelai terdapat kandungan omega 3, kalsium dan juga zat besi. Kedelai juga cukup populer untuk kalangan vegetarian.

7.      Gandum
Gandum adalah tanaman sejenis biji-bijian yang mirip seperti tanaman padi. Gandum biasanya diolah sebagai roti, kukis atau juga sereal. Gandum sangat kaya dengan vitamin B3, thiamin, vitamin B1, zat besi, serat dan juga vitamin E. Selain untuk pengganti nasi, olahan gandum juga sangat bagus untuk diet dalam bentuk makanan sereal.

8.      Kacang Almond
Kacang almond merupakan jenis kacang-kacangan yang sekilas mirip seperti kemiri namun ini berbeda. Kacang almond biasanya digunakan sebagai toping dalam olahan makanan namun juga ada dalam bentuk cemilan ringan. Kacang almond sangat kaya dengan serat dan protein, zat besi, magnesium dan juga vitamin E yang baik untuk kulit. Jika kamu mengkonsumsi kacang almond baik mentah atau olahan jangan terlalu banyak menambahkan garam dan gula, karena olahan almond seperti ini sangat buruk untuk program diet dan juga makanan sehat. 
Demikian beberapa makanan sehat dan bernutrisi tinggi yang perlu kita konsumsi. Semoga bermanfaat...

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar