Sabtu, 12 Desember 2015

Beras Merah Putih




Beras merah putih…??? Bagi sebagian pembaca kata tersebut mungkin agak aneh, bingung atau kalo bahasa sekarang gagal paham….   Memang akhir-akhir ini mulai terdengar adanya beras merah putih. Ada yang menganggap beras merah putih adalah campuran beras merah dan beras putih, TIDAK SALAH memang, karena di pasaran banyak juga yang menjual beras merah putih yang berasal dari beras merah  dicampur dengan beras putih dengan perbandingan tertentu, misalnya 1 bagian beras merah dicampur dengan 6 bagian beras putih, sehingga setelah membeli beras merah putih, konsumen tinggal memasak di rumah tanpa susah-susah mencampur sendiri. Namun, yang dimaksud Beras Merah Putih di sini bukanlah campuran beras merah dan beras putih seperti itu. Beras Merah Putih di sini adalah beras yang tiap butir nya memang mempunyai dua warna, yaitu sebagian berwarna merah dan sebagian lagi berwarna putih. Beras merah putih ini adalah hasil persilangan petani sendiri yang berasal dari Desa Sengonagung Kabupaten Pasuruan, di mana beliau menyilangkan  padi beras merah dan padi beras putih. Walupun mungkin di luar sana sudah banyak yang menemukan beras merah putih ini. Penyilang hanya ingin menghasilkan beras yang mempunyai kandungan gizi yang lebih baik daripada beras putih, namun tetap memiliki cita rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Dalam budidayanya pun memperhatikan penggunaan pupuk  dan pestisida. Dalam hal ini penggunaan bahan-bahan kimia sangat rendah, misalnya dari segi pupuk, beliau lebih banyak menggunakan pupuk organik. Untuk mencegah hama dan penyakit digunakan pestisida nabati yang berasal dari bahan-bahan alami seperti umbi gadung, buah mojo, deringu, daun mimba, daun sirsak, urine sapi dan empon-empon.
 Seperti yang sudah diketahui, beras merah mempunyai kandungan gizi yang sangat bermanfaat antara lain Mangan  yang berfungsi membantu pembentukan kolesterol baik, Magnesium, selain menguatkan tulang, juga menjadi bagian dari 300 enzim di dalam tubuh, termasuk enzim yang mengatur penggunaan insulin, yang berperan dalam mencegah  penyakit diabetes serta mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk seseorang dalam proses diet. Sedangkan beras putih sudah terbiasa dikonsumsi oleh masyarakat, rasanya enak dan pulen. Beras putih tetap mempunyai kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi antara lain karbohidrat. Dengan penggabungan dua jenis beras tersebut dihasilkan satu beras yaitu Beras Merah Putih yang memiliki kandungan gizi yang tinggi tetapi tetap enak dinikmati karena lebih punel dan lebih cocok untuk konsumen.  Nah mulai sekarang, ayo perhaitkan makanan yang kita konsumsi. Kalau ada yang lebih baik kenapa tidak…?? 

Jika pembaca menginginkan beras merah putih ini bisa pesan di
SMS/WA : 081331570568
PIN BB  : 520C7D5C

2 komentar:

  1. Beras organik (organic rice) varietas beras merah putih bukanlah didapatkan dari hasil perkawinan beras merah dan beras putih. Tetapi warna tersebut adalah natural sebagaimana biasa berasal dari padi yang tumbuh secara normal. Beras merah putih diberi nama RI-1, yang merupakan beras yang berasal dari sekitar abad 16 silam.

    Merupakan beras yang unik (tiada duanya di dunia), eksotik, kaya kandungan mineral, lebih kaya vitamin, dan tekstur sangat pulen. Berdasarkan penelitian, beras RI-1 mencegah kanker, degeneratif, kesemutan, susah pencernaan, sembelit, mudah lelah, dan refleks kurang.

    Nutrisi Beras Sang Dwi Warna RI-1 :
    Protein : 13,2 %
    Zat Besi (Fe) : 4,6 %
    Zn : 8,3 %
    Karbohydrat : 70,0 %

    SDW RI-1 termasuk 1.200 lebih varietas lokal yang telah punah yang kini kembali di bumi Ibu Pertiwi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr.wb..saya dr Aceh..saya sangat berminat utk menanam padi tsb..dmn saya bs mndpatkan benihnya..mohon informasinya..trims.

      Hapus