Selasa, 20 Januari 2015

Membuahkan Durian di luar Musim dengan ZPT



Teknik untuk memunculkan buah durian di luar musim perlu menggunakan beberapa bahan aktif zat pengatur tumbuhan (ZPT). Zat tersebut berperan aktif  untuk mengubah alur pertumbuhan pada sel tanaman dengan cara menghambat pada waktu fase pertumbuhan vegetatif agar dapat merubah secepatnya muncul fase generatif (cepat berbunga dan berbuah). Bahan aktif ZPT  yang dapat dibeli dan dipergunakan untuk membuahkan durian di luar musim diantaranya adalah kimia pertanian seperti NAA, Auksin dan Paklobutrazol. ZPT tersebut bisa dibeli di toko pertanian/ toko kimia, di Toko Trubus juga ada. 

Cara Kerja Dari ZPT kimia pertanian
Natrium NAA ato Naphthyl Acetic Acid/Asam Naftali Asetat, adalah jenis ZPT yang punya kegunaan mendorong pembungaan serempak pada tanaman. Dengan konsentrasi 5-10 ppm (dibaca petunjuk penggunaan pada label kemasan) dengan cara disemprotkan pada pangkal/cabang batang yang telah diperiksa akan kemunculan bunga dan ke seluruh bagian bawah daun terutama tepat pada stomata daun. Sebaiknya penyemprotan dilakukan pada waktu pagi hari (jam 06.00-10.00).

Auksin
Auksin secara khusus jarang diperdagangkan dengan merk dagang tertentu, karena harganya per miligramnya yang sangat mahal. Tergolong dalam bahan laboratorium  yang bisa didapatkan di toko bahan kimia. Auksin digunakan dalam dosis kecil, part per million (ppm), berfungsi untuk merangsang perpanjangan sel , pembentukan bunga dan buah, pertumbuhan akar pada stek batang, memperpanjang titik tumbuh serta mencegah gugur daun dan buah. Sebenarnya jika kita mau, kita bisa membuat sendiri ZPT auksin ini dari bahan-bahan disekitar kita, antara lain kecambah/tauge, pucuk tanaman, tunas, kuncup bunga dan keong mas.

Paklobutrazol
Paklobutrazol di pasaran memiliki nama dagang antara lain  Patrol, Cultar, Goldstar. ZPT ini berfungsi menghentikan fase vegetatif dan memacu fase generatif.  Penggunaan secara berlebihan dapat mengakibatkan batang dan dahan getas, daun mengeriting dan pertumbuhan vegetatif  dapat terhenti (stagnan) hingga kurun waktu 3 tahun. Terbukti efektif  dipergunakan pada tanaman keras seperti mangga, apel, jambu air, jeruk dan durian.
Pada dasarnya penggunaan ZPT ini dilakukan pada saat tanaman dibuahkan di luar musim dengan memastikan kondisi tidak akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. 
Selamat mencoba…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar