Rabu, 20 Mei 2015

Kandungan dan Manfaat Cabe Merah Bagi Kesehatan



KANDUNGAN & SIFAT KIMIAWI
Cabe merupakan salah satu komoditas pertanian yang hampir setiap hari kita butuhkan. Sudah tahu kah rekan-rekan agritani manfaat cabe merah tersebut? Nah kali ini saya sedikit menulis tentang kandungan dan manfaat dari cabe merah. Buah cabe merah mengandung kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin (A, C), damar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, clan lutein. Selain itu, juga mengandung mineral, seperti zat besi, kalium, kalsium, fosfor, dan niasin. Zat aktif kapsaisin berkhasiat sebagai stimulan. Jika seseorang mengonsumsi kapsaisin terlalu banyak akan mengakibatkan rasa terbakar di mulut dan keluarnya air mata karena kepedasan
Manfaat cabai merah antara lain :
1. Mengobati rematik
Penyakit rematik yang menyerang sendi manusia ternyata bisa disembuhkan oleh cabai merah. Cara membuat ramuan cabai merah sebagai obat rematik adalah dengan merebus cabai merah sejumlah 10 buah dan direbus dengan air bersih sekitar setengah gelas. Setelah air rebusan hangat, balurkan pada bagian yang terasa sakit akibat rematik. Dengan rasa pedas tersebut kandungan sejenis zat besi da kalium mampu mengobati penderita rematik.

2. Mengobati bisul
Mungkin ada rekan-rekan yang pernah terkena penyakit bisul. Bisul adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan sering menimpa mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat. Terkadang bisul sangat mengganggu bila letaknya dibagian tertentu, misal pada pantat, pada wajah dan pada kaki. Untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan oleh bisul Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan cabai merah. Caranya adalah ambil beberapa helai daun cabai merah kemudian diberi minyak sayur, setelah itu panaskan diatas apa hingga dau layu. Beru setelah itu tempelkan daun cabai layu tersebut pada bagian yang terdapat bisul.
3. Mencegah stroke
Manfaat cabai merah selanjutnya adalah untuk mencegah stroke. Penyakit pembunuh ketiga di Indonesia ini mampu dicegah dengan konsumsi cabai merah. Cabai merah bermanfaat untuk memperkecil resiko terjadinya stroke, dapat memperlancar penyumbatan darah, mencegah impotensi dan bahkan mencegah penyakit jantung koroner. Dengan mengkonsumsi cabai merah hal ini akan memperlancar darah dalam tubuh sehingga kerak lemak pada tubuh tidak mampu menyumbat aliran darah. Dengan demikian stroke pun bisa dicegah, bahkan cabai merah dapat mengurangi penggumpalan darah. Hal yang perlu Anda ingat adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi cabai merah karena berdampak buruk bagi sistem pencernaan. Makanlah secukupnya saja.
4. Mengatasi katarak
Ternyata cabai merah berfungsi untuk mengobati penyakit katarak. Hal ini dikarenakan dalam cabai merah terdapat kandungan vitamin C yang bersifat menyembuhkan penyakit katarak pada mata
5. Mengobati sariawan
Sehubungan dengan kandungan vitamin C pada cabai merah hal ini pula yang menjadikan fungsi cabai merah untuk mengobati sariawan pada mulut. Bila Anda mengalami sariawan, Anda bisa menggunakan cabai merah untuk menyembuhkan sariawan.
6. Menambah nafsu makan
Kegunaan cabai merah untuk kesehatan juga berguna sebagai stimulan yang mampu membuat nafsu makan seseorang bertambah. Apabila Anda merasakan pedas saat mengkonsumsi makanan atau hidangan, pasti Anda lebih memilih untuk melanjutkan makan daripada berhenti. Ini terjadi karena cabai merah memiliki sifat stimulan.
7. Cabe menghasilkan vitamin C (lebih banyak daripada jeruk) dan provitamin A (lebih banyak daripada wortel) yang sangat diperlukan bagi tubuh.
Demikian sedikit tentang manfaat cabe merah bagi kesehatan. Semoga dapat menambah pengetahuan rekan-rekan sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar