Rabu, 13 Mei 2015

Tips Hidup Sehat



Salah satu fungsi makanan adalah untuk dinikmati. Kenikmatan makanan sering terkait dengan adat istiadat atau budaya makan kita.  Seorang  akan menikmati apa yang dimakannya, bila ia dalam keadaan sehat.  Dalam keadaan sehat, apa yang dimakan manusia akan dapat mempengaruhi perasaannya, artinya makanan akan mempengaruhi perasaan seseorang. 
Berikut tips agar kita hidup dengan sehat:
1.       Untuk menjaga manusia tetap sehat, tentunya daya tahan tubuh seseorang harus diperkuat dengan anti oksidan (Vitamin A, C, E, D dan E).   Banyak mengkonsumsi buah-buahan akan memungkinkan seseorang untuk mendapatkan kehidupan yang sehat. Buah-buahan mencegah seluruh penyakit dan menjaga kita tetap segar bugar, bersemangat dan aktif selama hidup hingga usia lanjut.

2.       Makanlah Apa Yang Dapat Kamu Makan Dan Sudahilah Sebelum Kamu Kenyang
Filosofi yang bisa membuat seseorang makan dan minum dengan nikmat.

3.       Mengetahui manfaat akan apa yang akan dimakan, akan mempengaruhi mood kita.
Vitamin A
Vitamin A sangat penting bagi kesehatan rambut serta mata, pencegahan dan penyembuhan infeksi kulit, mencegah timbulnya jerawat, ketombe, dan membuat rambut terlihat lebih bercahaya (sumber : wortel, pepaya, sayur-sayuran berwarna hijau, telur, tomat, dan minyak ikan)

Vitamin B Kompleks
Vitamin B berfungsi untuk merawat kecantikan kulit agar tetap terlihat bersih serta bercahaya, mencegah tumbuhnya uban di rambut. Vitamin B ini penting bagi kesehatan kulit, rambut, serta mata (sumber : sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, daging, serta ragi)
Vitamin C
Vitamin C berhubungan dengan protein. Vitamin ini sangat penting bagi pemproduksian collagen. Sedangkan collagen ini berfungsi sebagai zat perekat kulit agar senantiasa terlihat kencang. Vitamin C juga berfungsi untuk mencegah kulit menjadi kering, menjaga kulit tidak mudah keriput, menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah patah (sumber : sayuran berwarna hijau, brokoli, kubis, paprika hijau, tomat, lemon, jeruk, anggur, kiwi, stroberi)
Vitamin D
Vitamin D memiliki peranan yang sama pentingnya dengan fosfor dan kalsium bagi kesehatan gigi, tulang serta kuku. Sumber alami yang banyak mengandung Vitamin D adalah sinar matahari, susu, hati sapi, ikan salmon, ikan tuna, serta minyak ikan.
Vitamin E
Vitamin E memberikan kontribusi bagi kesehatan otot serta jaringan tubuh. Vitamin E ini dapat dimanfaatkan untuk memperlambat penuaan dini. Sumber vitamin E antara lain almond, biji bunga matahari, biji labu, bayam, brokoli.
4.       Minum Air putih
Minumlah minimal dua liter per hari agar dapat membantu membuang zat toksin keluar dari tubuh sehingga kulit tampak bercahaya.
5.       Cukup tidur
Pembaruan sel-sel kulit terjadi pada malam hari. Ketika Anda tidur darah mengalirkan oksigen dan zat gizi ke kulit lebih efisien karena pada saat itu otot-otot dan sistem pencernaan sedang dalam keadaan istirahat
6.       Olahraga teratur
Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan produksi serat kolagen, yaitu protein yang diperlukan kulit agar kesehatannya tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar